Rumah Provinsi Adat Merupakan Adat Dari Rumah Tongkonan

Rumah Provinsi Adat Merupakan Adat Dari Rumah Tongkonan

Rumah tongkonan, rumah adat suku toraja. dalam bahasa makassar, kata rumah juga disebut dengan balla atau bola. rumah tongkonan juga berasal dari bahasa lokal. menurut orang toraja, tongkon memiliki arti kata duduk. jika dilihat sepintas, desain dan bentuk rumah tongkonan memang seperti sebuah kursi kecil yang digunakan untuk duduk. Dec 28, 2014 tongkonan merupakan rumah adat masyarakat tana toraja yang ada di provinsi sulawesi selatan. rumah adat ini memiliki bentuk yang unik. Tongkonan a'pa' terdiri dari: tongkonan peanna sangka' tongkonan to'induk; tongkonan karorrong; tongkonan tondok bangla' (pemanukan) banyak rumah provinsi adat merupakan adat dari rumah tongkonan rumah adat yang konon dikatakan tongkonan di sillanan, tetapi menurut masyarakat setempat, bahwa yang dikatakan tongkonan hanya 12 seperti tercatat di atas. rumah adat yang lain disebut banua pa'rapuan.

Soal Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari Penulis Cilik

Rumah Adat Tongkonan Asal Daerah Toraja Sulawesi Selatan

Rumah adat toraja, tongkonan dibagi ke dalam 4 jenis. pembagian ini didasarkan pada fungsi tongkonan itu sendiri, yakni: tongkonan layuk, merupakan rumah dimana peraturan serta penyebarannya disusun. tongkonan pakamberan/pakaindoran, merupakan rumah adat toraja tempat dimana atura-aturan yang telah dibuat dilaksanakan. May 13, 2018 pembahasan. rumah adat tongkonan merupakan rumah adat yang berasal dari daerah sulawesi selatan. rumah adat tongkonan adalah . Mar 4, 2013 tongkonan adalah rumah adat dengan ciri rumah panggung dari kayu dimana warga kecamatan sesean suloara', kabupaten tana toraja, saat anda melihat rumah adat ini, ada ciri lain yang menonjol yaitu kepala . Mar 1, 2019 tongkonan merupakan rumah adat dari daerah a. sulawesi utara b. sumatra barat (sumbar) c. sumatra selatan (sumsel) d. madura.

Jan 27, 2017 tongkonan merupakan rumah adat toraja yang punya makna. mulai dari status sosial sampai arti hidup, semua terukir di sana. Rumah adat di indonesia begitu luas, tentunya memliki banyak kekayaan alam, keberaneka ragam agama, suku, budaya dan adat istiadat. begitu juga dengan rumah tradisonal daerah di indonesia, di setiap provinsi memiliki begitu banyak macam rumah adat. hal ini mencerminkan bahwasanya, para nenek moyang bangsa indonesia merupakan orang yang cerdas. Rumah adat sulawesi selatan / provinsi sulawesi selatan dihuni oleh masyarakat yang berasal dari suku yang beragam. ada banyak suku yang menghuni provinsi yang beribukota di makassar ini, di antaranya suku bugis, suku mandar, suku toraja, suku makassar, dan lain sebagainya. Sep 29, 2015 rumah adat tana toraja “tongkonan” di buntu pune. tongkonan merupakan karya asli masyarakat pendukung kebudayaan aturan, perintah dan kekuasaan adat didalam masing-masing daerah adat yang dikuasainya. 3.

Daftar Rumah Adat Di Indonesia Daftar Co

Aug 26, 2019 tana toraja adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi tak heran bila rumah adat tongkonan merupakan salah satu rumah adat . Jika dilihat dari jumlah pintu, maka rumah sasadu ini merupakan rumah adat indonesia yang mempunyai pintu terbanyak dibandingkan rumah provinsi adat merupakan adat dari rumah tongkonan dengan provinsi lain yang ada di indonesia. demikian adalah pembahasan mengenai rumah adat 34 provinsi di indonesia. dari ulasan di atas, kita mengetahui bahwa rumah tradisional di indonesia sangatlah beragam. Rumah joglo merupakan rumah adat dari tiga provinsi sekaligus yaitu jawa tengah, di yogyakarta, dan jawa timur, tetapi masing-masing model rumah joglo di provinsi itu berbeda-beda. nah, di dalam artikel ini sekurangnya akan diuraikan 27 rumah adat dari daftar rumah adat di indonesia.

Daftar Rumah Adat Di Indonesia Daftar Co

More rumah adat tongkonan merupakan rumah adat dari provinsi images. Belajar mengenal 34 nama rumah adat, pakaian adat, tarian adat dan senjata tradisional di provinsi indonesia lengkap indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman yang dimilikinya, dari mulai sumber daya, suku, adat, dan masih banyak lainnya kebudayaan-kebudayaan yang belum banyak kita ketahui. kali ini kita akan mengupas tentang nama pakaian adat pada setiap daerah di indonesia. Penjelasan singkat rumah adat tongkonan asal daerah toraja sulawesi selatan. tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu. kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. bentuk atap rumah tongkonan melengkung dan dilapisi ijuk hitam. Rumah adat tongkonan bagi masyarakat toraja tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, tetapi ada kepercayaan bahwa rumah adalah ibu, sedangkan lumbung padi (alang sura) adalah ayah, maka dari itu rumah dan lumbung padi selalu berhadapan, karena merupakan sepasang.

Rumah adat tongkonan merupakan salah satu rumah adat yang paling unik desain arsitekturnya. rumah adat dari toraja, sulawesi selatan ini terbuat tanpa ada unsur logam satu pun di setiap bagiannya. ada kepercayaan, rumah provinsi adat merupakan adat dari rumah tongkonan kebanggaan, tradisi kuno, dan peradaban dari setiap detail rumah tongkonan yang dibangun masyarakat toraja. .

Rumah adat tongkonan merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi sumatera selatan. ciri khas rumah adat ini adalah mempunyai bentuk yang unik pada atapnya. atap rumah ini berbentuk seperti perahu. selain itu terdapat hiasan tanduk kerbau di bagian depan rumahnya. Oct 7, 2019 inilah 5 fakta menarik terkait rumah adat toraja ini. suku yang berada di provinsi sulawesi selatan ini memiliki adat tongkonan merupakan rumah panggung dengan kayu dan lembaran papan sebagai bahan utamanya.

Yang kedua adalah rumah banua barung-barung rumah provinsi adat merupakan adat dari rumah tongkonan atau yang biasa dikenal dengan rumah pribadi dan rumah biasa. rumah tongkonan merupakan rumah adat toraja yang masih dipegang teguh oleh masyarakat tana toraja sampai saat ini. mulai dari atap hingga dasar rumah adat toraja rumah tongkonan ini tidak luput dari makna yang menandakan bahwa masyarakat. Penjelasan singkat rumah adat tongkonan asal daerah toraja sulawesi selatan. tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu. kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. bentuk atap rumah tongkonan. Mulai dari nama rumahnya saja, rumah adat tongkonan ini sudah memiliki nilai secara filosofis. tongkonan berasal dari kata dasar tongkon yang memiliki arti menduduki atau tempat duduk. diberi nama demikian karena rumah adat tongkonan pada awalnya hanya merupakan tempat berkumpulnya para bangsawan yang ada di tana toraja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manggarai Rumah Adat

Frenzy Apk Mod Dapur 1 Android

Dijual Menganti Indah Rumah Oma