Disebut Adat Selatan Di Sulawesi Toraja Rumah

Sebagai penduduk indonesia seharusnya kita patut berbangga karena negeri kita ini memiliki begitu disebut adat selatan di sulawesi toraja rumah banyak suku, budaya dan adat istiadat. ke semuaannya itu merupakan ciri-ciri dari tiap daerah yang ada di kawasannya. misalnya saja keberadaan rumah adat yang adalah ciri khas dari suatu suku yang menempati daerah indonesia contohnya rumah adat sulawesi selatan. Namun berbicara mengenai rumah adat toraja, tentu kita perlu juga menyebutkan banua. rumah yang disebut banua ini hanya dihuni masyarakat biasa. sedangkan tongkonan sendiri merupakan rumah yang khusus dihuni kaum bangsawan suku toraja. oleh karena arsitekturnya yang menarik, tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat toraja. More rumah adat toraja di sulawesi selatan disebut images.

5 Ciri Khas Keunikan Rumah Adat Tongkonan Yang Wajib Kamu

Rumah adat sulawesi selatan suku toraja atau masyarakat daerah tersebut menyebutnya tongkonan. tongkonan berdiri di atas tumpukan kayu yang biasanya ukiran yang terdapat pada tongkonan ini memiliki 3 warna yaitu warna merah, hitam, dan kuning. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang rumah adat sulawesi utara, rumah adat sulawesi barat, dan rumah adat jawa tengah. kali ini kita akan membahas lebih detail mengenai rumah adat sulawesi selatan. setiap suku di provinsi ini memiliki rumah adatnya masing-masing. perbedaan biasanya terletak pada bentuk bangunan. Kebanyakan rumah adat dari sulawesi selatan, merupakan rumah panggung dengan ketinggian bisa mencapai tiga meter. selain bentuknya yang jauh di atas permukaan tanah, rumah adat sulawesi selatan juga dilihat dari bentuk atapnya. bentuk atap rumah yang runcing dan berpuncak, semakin memberikan kesan eksotis bagi siapapun yang mengunjunginya. 1. Rumahadatsulawesiselatan dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang rumah adat sulawesi selatan. provinsi sulawesi selatan atau yang biasa disingkat dengan sulsel ini berada di pulau sulawesi bagian selatan dengan makassar sebagai ibukota provinsi. kota makassar dikenal sebagai salah satu kota paling maju di wilayah indonesia tengah.

Rumah adat sulawesi selatan / provinsi sulawesi selatan disebut adat selatan di sulawesi toraja rumah dihuni oleh masyarakat yang berasal dari suku yang beragam. ada banyak suku yang menghuni provinsi yang beribukota di makassar ini, di antaranya suku bugis, suku mandar, suku toraja, suku makassar, dan lain sebagainya. Related posts to rumah adat suku toraja di sulawesi selatan disebut rumah adat suku toraja di sulawesi selatan disebut 2017-03-27t13:53:00-07:00 rating: 4. 5 posted by: lowongan kerja share to:.

Rumahadattoraja atau yang biasa disebut dengan tongkonan, kata tongkonan sendiri berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk. salah satu contohnya adalah toraja, suku yang berdiam di provinsi sulawesi selatan ini memiliki banyak kebudayaan-kebudayaan yang unik. dari mulai suku-suku, bahasa, adat perkawinan, upacara. Rumahadattoraja tana toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang membelenggu masyarakat pribumi toraja. ada beragam upacara adat yang dapat anda jumpai ketika anda berkunjung ke toraja. mulai dari upacara rambu solo dimana upacara tersebut adalah upacara pemakaman khas tana toraja. sehingga toraja menjadi tempat yang unik dengan keanekaragaman budaya yang kental. Rumahadat atau tradisional yang terdapat di provinsi sulawesi selatan sangat beragam, setidaknya terdapat 5 rumah adat. jumlah tersebut sesuai dengan suku yang terdapat di provinsi sulawesi selatan. masing-masing dari rumah adat memiliki ragam dan keunikan yang luar biasa, baik dari segi arsitektur, bentuk, filosofi hingga proses pembuatannya. Rumah adat toraja tana toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang membelenggu masyarakat pribumi toraja. ada beragam upacara adat yang dapat anda jumpai ketika anda berkunjung ke toraja. mulai dari upacara rambu solo disebut adat selatan di sulawesi toraja rumah dimana upacara tersebut adalah upacara pemakaman khas tana toraja. sehingga toraja menjadi tempat yang unik dengan keanekaragaman budaya yang kental.

Rumah Adat Sulawesi Selatan Nama Gambar Dan Penjelasan

Dalam keunikan rumah adat sulawesi selatan rumah khas toraja atau tongkongan dibuat dari seratus persen dari bahan kayu yang dibuat panggung dan juga dipasang kembali dengan ijuk yang berwarna hitam melengkung seperti perahu kembali. Keunikan rumah adat sulawesi selatan. rumah adat sulawesi selatan yakni rumah adat toraja atau yang diberi nama rumah tonkonan adalah bangunan rumah dengan desain arsitektur yang unik dan nilai filosofis serta makna yang terkandung di dalamnya. bahan yang digunakan untuk membangun rumah ini 100% semuanya terbuat dari kayu.

Disebut Adat Selatan Di Sulawesi Toraja Rumah

5 Rumah Adat Khas Sulawesi Selatan Celebes

Rumahadatsulawesiselatan Gwi Indonesia Banget

Rumahadatsulawesiselatan Dari 5 Suku Guratgarut Com

Selain rumah adat, mereka juga memiliki pakaian adat yang berbeda-beda pula tentunya. beberapa suku yang ada di sulawesi selatan adalah suku makassar, toraja, bugis, mandar dan pattinjo. bagi masyarakat sulawesi selatan, rumah adat mempunyai filosofi tersendiri. rumah adat juga digolongkan kategori budaya yang sakral. 23. rumah adat sulawesi selatan rumah adat sulawesi selatan bernama rumah tongkonan. rumah adat satu ini sudah sangat populer hingga ke seluruh dunia karena arsitektur dan bentuknya yang sangat unik. atap dari rumah khas masyarakat suku toraja ini berbentuk melengkung menyerupai bentuk perahu seperti dapat dilihat pada gambar di samping.

Rumahadatsulawesiselatan: gambar dan penjelasan lengkap.

Rumahadatsulawesiselatan / provinsi sulawesi selatan dihuni oleh masyarakat yang berasal dari suku yang beragam. ada banyak suku yang menghuni provinsi yang beribukota di makassar ini, di antaranya suku bugis, suku mandar, suku toraja, suku makassar, dan lain sebagainya. Rumahadattoraja atau tongkonan yang ditampilkan adalah rumah pemilik penguasa adat yang diletakan diatas tiga pasang kepala kerbau (kabonga) merupakan symbol kebangsawanan pemilik rumah. sejumlah lumbung padi (alang) berukir yang berderet di depan rumah juga merupakan ukuran status kekayaan dari sang pemilik rumah.

Rumah Adat Sulawesi Selatan Tongkonan Toraja Gambar

Siapa nih yang tahu suku apa aja yang menetap di sulawesi selatan? buat yang belum tahu, suku yang menghuni sulawesi selatan adalah suku makassar, bugis, mandar, toraja, bentong, duri, enrekang, konjo pegunungan, konjo pesisir, luwu, dan kajang. beberapa di antaranya memiliki peninggalan rumah adat yang memiliki keunikan, fungsi, dan nilai masing-masing. Dimana arsitektur tradisional sulawesi selatan ini diperlihatkan dalam bentuk rumah adat. nama dari rumah adat suku toraja adalah tongkonan yang artinya adalah balai musyawarah. menurut kepercayaan suku toraja, terdapat sebuah hubungan erat antara tongkonan, manusia dan bumi. Rumah adat sulawesi selatan rumah adat sebagai bagian dari kebudayaan tentunya memiliki keberagaman dengan ciri khasnya masing-masing. begitu pula dengan sulawesi selatan yang memiliki keragaman rumah adat disebut adat selatan di sulawesi toraja rumah sesuai suku masing-masing dalam satu kesatuan rumah adat sulawesi selatan. rumah adat bagi masyarakat sulawesi selatan dianggap sebagai sesuatu yang sakral karena di setiap bagiannya.

Rumahadattoraja (tongkonan) blogger.

Sulawesiselatan adalah sebuah provinsi di indonesia yang terletak di bagian selatan sulawesi. ibu kotanya adalah makassar, dahulu disebut ujungpandang. provinsi ini berbatasan dengan sulawesi tengah dan sulawesi barat di utara, teluk bone dan sulawesi tenggara di timur, selat makassar di barat dan laut flores di selatan. Rumahadatsulawesiselatan sulawesi selatan yang merupakan ibu kota makassar yang dikenal sebagai salah satu kota yang paling terkenal di wilayah indonesia tengah. kota makassar sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang dalam perjalanan bangsa indonesia dengan adanya ragam suku bangsa seperti bone dan mandar, duri dan juga pattinjo dan juga beberapa suku lainnya.

Rumahadatsulawesiselatan suku toraja atau masyarakat daerah tersebut menyebutnya tongkonan. tongkonan berdiri di atas tumpukan kayu yang biasanya ukiran yang terdapat pada tongkonan ini memiliki 3 warna yaitu warna merah, hitam, dan kuning. Tana toraja adalah salah satu keajaiban dunia yang lahir dan terjaga hingga kini di indonesia. tana toraja memiliki rumah adat khas yang disebut dengan tongkonan. rumah adat ini hanya ada di sulawesi selatan tepatnya di tana toraja. toraja sebuah budaya yang mahal yang hanya ada di sulawesi selatan. mengenai tana toraja yang lekat dengan adat istiadat, Rumahadatsulawesiselatan rumah adat sebagai bagian dari kebudayaan tentunya memiliki keberagaman dengan ciri khasnya masing-masing. begitu pula dengan sulawesi selatan yang memiliki keragaman rumah adat sesuai suku masing-masing dalam satu kesatuan rumah adat sulawesi selatan. rumah adat bagi masyarakat sulawesi selatan dianggap sebagai sesuatu yang sakral karena di setiap bagiannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manggarai Rumah Adat

Frenzy Apk Mod Dapur 1 Android

Dijual Menganti Indah Rumah Oma